Langsung ke konten utama

Menikmati Perjalanan dengan si ''Bongsor'' Double Decker Po. Putera Mulya


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Hai teman bloggers!! Udah lama juga nih gak posting trip report. Hmm ada kali ya hampir 2 tahun lamanya gak berkecimpung di blog, memang karena sibuk kerja (waktu limit) buat turing naik bis yang jauh hehe. Sempet sih di penghujung tahun 2016 jalan pakai Sky Liner-nya Red White Star cuma buat wisata ke Lembang. Tapi tetep aja gak berasa kalau naik bis dengan jarak cuma kurang dari 300 KM, kurang greget gimana gitu ckck :D

Eiiiittsssss kali ini saya bukan mau bikin trip report si Sky Liner itu loh. Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya pulang kampung naik bis (lagi-lagi pulkam hehe) jajal SCANIA K 410 iB Putera Mulya si bongsor yang lagi nge-HITS karena that’s a first double decker bus with engine Scania in Java!!! 😃 . Waaaaaahh bis AKAP pertama yang memakai mesin Scania dengan body "tumpuk" di pulau Jawa nih (kereeeen yaa). Line perdana memang dibuka pada bulan Desember 2016 lalu. Tapi saya baru jajal si Double Decker yang kerap disingkat jadi DD atau diplesetin jadi "Dede Emess" ini tanggal 21 April 2017.

Hmmm kenapa saya pilih si DD ini? Karena saya "pensaran" gimana sih rasanya naik bis tingkat dengan jarak yang jauh? Gak kebayang banget di pikiran, apa dijalan gak nyabet ranting pohon yang dipinggir jalan yaaa. Masih gak habis pikir aja 😃 yaudahlah daripada di pikirin mending dinaikin 😝  

Akhirnya, saya putuskan buat naik si DD dari Pulo Gebang walaupun rumah di Cibubur (lumayan jauh jaraknya). Gak tau kenapa, pengen aja naik si DD dari sana, mungkin pengen liat bis lain yang kinyis-kinyis di Pulgeb. Tanggal pemesanan tiket 26 Maret 2017. Sengaja saya pesan jauh hari supaya bisa dapet ''hot seat'' di deck atas.


26 Maret 2017
Sampai pintu masuk Terminal Pulo Gebang langsung di eret-eret sama calo. Ditanyain mau kemana mbak. Saya jawab aja "mau main aja Pak" haha :v dan setelah itu mereka bubar satu persatu ckck.

Lalu Saya dan teman-teman (Mbak Puput dan Mas Ebhi) masuk ke Terminal terus naik eskalator. Lagi-lagi Saya dan teman-teman langsung di kerubungi calo. Ditanya mau kemana ckckck untung agen bis Putera Mulya ini deket sama eskalator. Jadi langsung aja ke meja si agen tersebut.

Langsung dengan PD-nya, pasti dapet nih deck atas seat 1. Ehhh gak taunyaaaa hmmm seat jatah agen Pulo Gebang baris 1 dan 2 sudah ludes terjual !!!!! Sedih hati adek buuu sungguh sangat kecewa :( ternyata aku kurang "gercep" ckckck. Dengan H- sebulanan aja tiket baris seat 1 dan 2 udah SOLD OUT gitu. Apalagi beli dadakan yaa -____-

Seat paling depan jatah agen Pulo Gebang yang tersedia tinggal seat 3A dan 3B (itu yang paling depan) untuk keberangkatan 21 April 2017. Hmmmm apalah daya, yasudahlah saya ambil seat 3A aja deket jendela biar bisa nonton pemandangan. Oiaaa, kali ini saya naik bis Alone. Bukan alon-alon asal kelakon loh yaa :p tapi alone ini yang berarti sendiriaan -__- (udah kaya uji nyali sendirian wkwk )

Setelah bayar tiketnya, saya dikasih tiket sementara dari agen Putera Mulya Pulo Gebang. Ini nih penampakan tiket sementaranya



Udah kelar transaksi beli tiket, saatnya pulang. Lewat parkiran bis belakang terminal, ketemu sama calon DD yang mau saya naikin. Belum tepat jam 16.00 dia udah jalan mau jemput ke atas (pic taken by mas ebbie)



Keberangkatan 21 April 2017
Jam keberangkatan yang tertera di tiket adalah 16.00, saya udah stay di Terminal Pulo Gebang dari jam 13.30 haha niat banget sih yaa jam segitu udah stay!! ckck. Masih banyak waktu tersisa buat nunggu si DD dateng. Gunain waktu buat keliling parkiran belakang terminal ah :D puas-puasin jalan sebelum diungkep didalem bis dan duduk ber jam-jam.


Begini nih suasana Terminal Terpadu Pulo Gebang parkiran belakang waktu siang hari




Ketemu sama si ijooo Berkah Sabar.. eh Berkah Safar :D




Cukup lama "ngiterin" parkiran Terminal Pulo Gebang, akhirnya saya dan team dadah tersayang (babeh + adek) bergegas menuju agen Putera Mulya buat absen dulu. Orang mah absen dulu baru ngayap, lah ini ngayap dulu baru absen :v


Sampe di atas, tiket sementara dituker sama tiket yang lebih bagusan dikit. Sama-sama cuma selembar sih, gak ada covernya cuma lebih tebal dan bewarna. Hhmmm sedikit masukan untuk manajemen Po. Putera Mulya untuk tiket Pulo Gebang agar ada covernya, bukan cuma dikasih amplop putih saja, supaya keliatan lebih profesional gituu. Masa bis nya mewah, tiket nya cuma selembar? :)


Berikut penampakan tiket aslinya (jangan gagal fokus sama background nya yaa :p )



Pukul 15.45
Naik ke atas tempat keberangkatan penumpang, pikirku "ah paling bisnya ngaret, baru naik ke atas jam 16.30". Ppffttt lama nunggu si DD dateng, bosen dan auuuss juga nih. Akhirnya minum sambil muterin tempat keberangkatan penumpang yang emang udah ramai dari tadi. Ngeliat beberapa muriaan dan Jawa Timuran seperti Bejeu, New Shantika, Haryanto, PK, Agra Mas udah berjejer rapi buat nunggu penumpang.

Tiba-tiba mata ini ngeliat "Sang Pemanah" dengan armada baru racikan Morodadi Prima yang masih kinyisss kinyissss. Coba jeprettt duluu aah :D



Lama-lama, bosen juga nunggu si DD gak dateng-dateng -___- mau ngapain lagi coba. Akhirnya duduk ndolosor pun jadi :D




Tadinya pakai sendal jepit buat keliling parkiran belakang terminal, sekarang udah salin pake sepokat biar gak dingin nanti malem waktu di dalem kabin bis.

Aaaahh lama banget nih udah jam 17.15 masa si DD belum dateng juga?? Geregetaaan... akhirnya saya samperin si Ibu Agen Putera Mulya di bawah. Katanya sih si DD kena macet dan sebentar lagi bakal dateng ckck.

Yaudah lah sabarin aja, muka udah kucel banget + udah laper lagi nunggu si DD dateng ke pelukan ttsssssaahh. Jam 17.35 akhirnyaaa yang ditunggu dateng juga fiuhhhh. Babeh yang liat pertama kali si DD menampakkan diri. Langsung jepret ahh, maap yaa ngeblur maklum cuma pake kamera HP Sam**ng yang 13MP biasa, bukan "seleler" yang lensanya bisa diputer-puter :D




Ternyata jatah Pulgeb kali ini di isi sama DD 01 aka Stockholm. Dalem hati, seneng juga akhirnya yang ditunggu-tunggu jedul :D yowesss lah bergegas samperin si DD yang udah parkir manis nunggu penumpang naik. Gak lupa gembolan tas tenteng + tas gemblok  masukin ke bagasi. Takutnya kalau tas gemblok dibawa ke kabin, nanti legrest jadi sempit dan gak leluasa.

Setelah barang-barang masuk ke bagasi, saatnya abadikan foto di depan si DD emezz ini dulu ahh.
Sebenernya rebutan juga nih buat bisa foto full se-body ckck. Banyak penumpang yang pengen eksis dulu sebelum berangkat (gak cuma saya aja xixi)

Ini diaaa, penampakan saya dan si DD seadanya...





Setelah puas foto sama si DD, saya langsung menuju singgasana (seat 3A deck atas)

Gak lama kemudian, ada Ibu-Ibu nanya ke saya, "Mbak ini seat 3B bukan ya?". 
Saya jawab "Bener Bu, disini samping saya"
Huaaa senengnyaaa temen duduk opera vantura malem ini sama Ibu-Ibu :D
 
By the way begini nih suasana kabin atas waktu masih belum full penumpang.




Pukul 17.51
Nunggu keberangkatan si DD ini, gak lama kemudian adzan maghrib berkumandang dari app handphone saya. Pikirku, wah kalau yang lagi sholat mungkin bisa sholat di musola Teminal Pulo Gebang dulu nih sebelum keberangkatan (waktu itu saya memang lagi halangan tidak sholat). Tapi nyatanya, jam 18.00 bis ini capcussss berangkat -_-  Sampai si Ibu sebelah saya bilang "wah langsung berangkat nih mbak bisnya, gak bisa magriban dulu"

Lalu si DD melaju, meninggalkan terminal Pulo Gebang. Berasa tarikan pertama si Griffin ini enteng banget dan nyamaaaaan kaya diatas balon udara yang elastiss :D

Ku lihat notif handphone, wah banyak chat masuk. Salah satu chat dari teman yang bilang kalau cikunir macet total langsung bikin mood ini turun drastis. Hmmm gimana engga, belum apa-apa udah disambut sama antrian kendaraan yang berjubel. Dalam hati, nikmatin sajalah -___-

Bosen sama trafic yang maju - berhenti - maju sang driver pinggir, entah Mas Itok / Partner nya, lebih suka bawa si Griffin dilajur kiri jalan. Heiiii by the way, baterai HP tinggal 50% nih. Hmm mungkin karena efek terlalu banyak jeprat jepret waktu di Pulgeb kali yaa. 
Yaudah lah kita nge-charge dulu deh :D



Kabel USB itu milik sendiri loh yaa. Jadi, kalau ada yang mau on board ikut si DD ini jangan lupa bawa kabel USB buat jaga-jaga kalau HP lowbet kan bisa langsung plug n play disitu. Oh iyaa, karena macettt udah males banget buat mainan HP ataupun nyalain si AVOD (Audio Video On Demand). Hmm saya udah siapin aja tuh cemilan "keripik kentang tabung" sama air mineral botol buat temen opera vantura nanti :D

Keliatannya sesek banget yaa tempat duduk saya? Sempit lan rame gimana gitu. Maklum lah, untuk seukuran porsi tinggi badan saya yang 168 cm, legrest ini masih mentok di ujung jempol kaki saya :D

Teruus teruss dan jalan terus, akhirnya Bekasi Barat kita udah lewatin, dan kita exit tol Bekasi Timur. Saatnya jemput penumpang...





Berberapa penumpang naik dari agen ini, dan ternyata buanyaaak aja orang yang jeprat jepret bis kami. Berasa kaya hartisssss banget sepanjang perjalanan jadi sorotan mata memandang haissssss :v

Lalu, stockholm berangkat. Gak lama masuk dari tol Bekasi Timur, kita udah sandingan aja nih sama salah satu bis Po. Haryanto




Arah KM 19 , jalan udah mulai lancarrr dan kita mulai "ngeblong aluss". Waah berasa banget si DD ini mental mentul stabilnya :D sang driver mulai mainkan skill mengemudinya. Hmm sekarang kita kewok kanan terusss :D


Pukul 21.00
Si DD sein kiri dan nyalain lampu kabin, ternyata gak berasa kita udah sampai rumah makan Taman Sari. Huuuaaa lega, akhirnya berhenti buat rest juga. Langsung menuju toilet buat bebersih + cuci muka biar fresh.

Keluar dari toilet, saya siapin tiket tadi buat di sobek kupon makannya. Nyendok nasi, sayur nangka, mie goreng, sambel dan kerupuk terus lauk ayam goreng dengan si emba-emba yang ngambilin (mungkin takut pada ngambil lebih dari jatah)

Mulai nih cari spot tempat duduk yang nyaman, cari yang keliatan jalan tol nya hehe. Kan seru tuh makan malem sambil nonton bis yang lagi soooosssss dijalurnya :v Eh ternyata, Ibu sebangku saya melambaikan tangannya. Dia ngajak buat makan bareng, yaudahlah saya samperin Ibu itu. Oh iyaa ini nih lauk saya malem itu




Dikit yaa? emang sengaja, lagi gak nafsu makan karena agak mual efek macet tadi. Setelah makan, si Ibu itu duluan. Terus saya telfon keluarga dirumah buat ngabarin kalau udah sampai Cipali.

Sambil nonton bis yang lalu lalang, update di IG story dulu sebelum naik ke kabin hehe. Gak lama, ada pemberitahuan kalau bis kami DD 01 akan diberangkatkan. Kami semua bergegas buat menuju kabin. Lagi-lagi abadikan si jangkung sebelum lepas dari RM Taman Sari. Ganteng yaa? :D




Dan bismillah, kami melanjutkan perjalanan. Ditengah perjalanan, kita ketemu sama Mbak Raya berkonde seri P entah pakai engine apa (gak terlalu merhatiin) lumayan licin dan taaap tappp wusss~ kenceng juga dia gak tertandingi waktu itu.. ssooosssss!! Hmm setelah lama main "pancal-pancalan" di Cipali akhirnya mbak Raya overtake kita dari sebelah kiri.




Pukul 23.30 
AC kabin makin dingin aja, hmmmm mulai selimutan dan nyemil sambil buka sosmed. Dan kita udah sampai di tol Pejagan - Pemalang. Iseng buka aplikasi waze di handphone, mau liat top speed si Griffin jangkung ini lari sampai berapa.




Ya yaa yaaa pantesan aja uadeeem eee rekk!! nganti 125KM/Jam. Bener-bener gak berasa "gemblodak" sama sekali walaupun body ini bongsor. Hmmm nyaman nyaaa :)

Terlalu nyaman di ayuuun, akhirnya saya gak sadarkan diri alias tidur hehe. Bangun-bangun udah sampai Batang!! waaahh langsung liat yang oren-oren (apaan tuh??). Eeeh ternyata salah satu armadanya Po.Haryanto si Optimizt. Wessss ra tak gagas, mripat iki isih arep turu dhee. Akhirnya saya kembali bobok mania.



Pukul 01.00
Si DD agak nge-rem mendadak dan berasa badan ini agak kebanting dan kepala njedot kaca. Dimana sih ini kok gelap banget ya? Ternyata udah sampai kelokan Alas Roban tohh!!

Agak "makan jalan" juga si bongsor waktu belok di tikungan yang sempit. Tapi semua teratasi dengan baik oleh skill pak driver.


Pukul 02.30
Setelah kami diajak melingker-lingker sama si DD di Alas Roban yang exotis akan pohon rimbunnya itu. Kami berhenti ngepom dulu dan kali ini si Griffin sandingan sama Griffin juga :D




Pukul 2.40
Lanjutt jalan dan sein kiri dan ceeeesssss, bis kita masuk ke Rumah Makan Raos Eco. Sepi yaaa udah dini hari sih. Mungkin bis kita, bis Wonogiren ter "mburi" karena memang berangkatnya udah malem juga + kena mecet di Jakarta.

Sang driver sepertinya nyari tempat parkir yang enak, dan bis ini berhenti tanpa nyalain lampu kabin. Agak bingung juga sih, ini kita istirahat gak sih sebenernya?

Gak lama hitungan menit, kami berangkat lagi. Loooh kok cuma absen doang toh? Gak berhenti mimik teh / ngupi disik gitu di Raos Eco? Hmm mungkin karena pertimbangan dari crew karena perjalan kita masih panjang. Yasudahlahhh ayo bobok maning :D

Tidak terlalu seru malem itu, mungkin sebagian bis masih tertahan dibelakang dan jam berangkat kita juga gak bareng sama armada Wonogiri lain. Tapi, masih ada berberapa armada Muria yang "lari" bareng kita sih.


Pukul 04.10
Bangun-bangun kita udah sampai Semarang!! dan penumpang seat 1 CD turun. Saya ngajak Ibu sebangku buat maju jajalin duduk di depan hahaha. Yaudahlah kita pindah :v aisssss senengnya bisa duduk di depan xixi

Matahari udah mulai keluar, langit mulai terang nih. Gak tau ini sampai mana hehe kaca depan ber-embuuun uuuncchhh seru banget diliatnya burem-burem gimana gitu ckck




Salatiga - Boyolali - Solo kita lewatin, ternyata banyak penumpang yang turun di Solo dan sekitanya. Termasuk Ibu sebangku saya ini. Si Ibu pamit duluan dan dadaaaaaaahh!! sampai ketemu dilain waktu yaa Bu...

Lanjuttt nge-gass lagi... dan kita masuk daerah Sukoharjo nih. Saya duduk di seat baris 1 paling depan deck atas sendirian loh. Mbak dan Mas yang duduk di 1A dan 1B tadi, udah turun ke kabin bawah. Berasa kaya bis private, duduk manis sendirian :D

Sepanjang Sukoharjo, jalanan makin ramai dan sempit. Banyak pepohonan rimbun yang ngehiasin bahu jalan. Berberapa kali terdengar suara kaca sebelah kiri body bus "nyabet" ranting dan dedaunan. Apalagi kalau bis ini di lajur sebelah kiri. Klotakk klotaaakkkk....

Lalu kita sein kiri buat ngepom lagi.. Kali ini penumpang di kabin atas sisa 6 orang termasuk saya. Ternyata penumpang kabin bawah udah pada turun semua!!

Setelah laju bis terhenti di SPBU, kami ijin ke crew untuk ke toilet selagi si DD mimik bahan bakar. Setelah semuanya kelar, kita bergegas naik lagi ke kabin. Sebelum naik ke kabin, coba kita tengok si DD yang lagi mimik syantiekkk ini :p





Karena penumpang sisa sedikit, akhirnya kami semua pada turun dari deck atas dan duduk di deck bawah huehehehe. Abis dari 3A terus ke 1C deck atas dan sekarang jajal SE nya di deck bawah. Sekalian aja seat crew kamu cobain prilll ckck :D

Narsis dikit laah di seat paling nyaman deck bawah Double Decker Scania K410iB punya Po. Putera Mulya




Waktu menunjukkan pukul 06.30 eeeehhh ada SD depan SPBU, ternyata banyak adek-adek imut dipinggir jalan yang pada jejeritan ngeliat si Griffin yang mulai ber-manuver ria keluar dari SPBU. Sambil melambai-lambai, mereka minta telolettt ke om driver!! huehehehe lucu yaaa coba saya rekam :D

Jalan sudah mulai ramai, dan si bongsor dengan lambang burung Griffin melet ini jadi sorotan semua mata memandang. Dan gak sedikit juga pengendara motor yang kagum sampe "tengkleng" tuh leher ngeliatin body si bongsor ini :D

By the way jadi keinget, semalem ada tukang becak di daerah Tegal pas kami berhenti di lampu merah mereka sampai nyamperin bis kami dan "ngelongok" sampai terheran-heran ngeliat isi daleman kabin bawah si DD yang lux berisikan 6 seat itu.

Gak lupa, saya request ke crew untuk turun di Terminal Giri Adi Pura Wonogiri. Karena setelah liat waze gak lama bis ini bakal sampai daerah Krisak. Hmmm jangan sampai bablassss sampai cucian nih.

Bis kami gak bisa masuk terminal GAP, dan saya turun di pinggir jalan aja. Karena memang saya akan lanjutt perjalanan ke Praci daerah rumah Mbah Kung saya berada.


Pukul 07.30
Alhamdulillah sampai depan Terminal Giri AdiPura Wonogiri, bis kami sein kiri dan cari bahu jalan yang agak luas buat nurunin saya. Laluuu saya turun dan minta bantuan crew bis untuk nurunin barang yang ada di bagasi. Dan taraaaa langsung di eret-eret sama ojek sekitar -____-


Berberapa dari mereka nanya "Mbak mau kemana?"
Saya jawab "Ke Praci pak"


Bapak itu "Ayoo saya anter, charter mobil saja mbak"
Aku jawab "Saya mau naik bis Solo-Praci saja Pak"


Bapak itu "Waduuhh mbak, masak abis naik bis bagus kok naik bis jelek??"

Saya "@ffghteujdfjkdkdfdfdncdlfj40484!!" (ora tak gagas, gur ngedumel dalam hati suka-suka saya lah wkwk)


Setelah semua barang turun, gak lupa ucapin terimakasih sama crew yang udah bantu.
Daddaaaahhh DD 01 lain kali pengen naik lagiiii pokoknya, gak kapok deh :D (walaupun jam keberangkatan molorr 2 jam)
Sepanjang perjalanan super duper nyamaaaan dengan crew yang pelayanan nya baik dan ramah.

Sambil nunggu bumelan Solo - Praci saya jeprett lagi di depan Terminal Giri Adi Pura :)




Kelebihan :
1. Nyaman dengan armada barunya
2. Crew ramah dan baik dalam berkendara
3. Kabin bersih dan rapi


Sekian trip report dari saya, kurang dan lebihnya dalam penulisan mohon dimaafkan ya :)
Terimakasih sudah membaca trip report saya, sampai ketemu di lain kesempatan yaa :) see youuuuu..


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
-Aprilia-



Kunjungi juga yotube channel saya di @Apriliani Aprilia

Komentar

  1. Balasan
    1. Terimakasih atas reviewnya, dan terimakasih sudah berkunjung ke blog saya Mas Ktangga Juniarta :)

      Hapus
  2. assalamualaikum wr.wb mba:) hmm jadi pengen naik bus putera mulya double decker nih hehe karena saya belum pernah menaiki armada bus double decker yg 1 ini dengan mesin scania k410ib. klo boleh tau, mba suka bus juga ya dari kecil ? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, bisa di coba mas naik double decker ini. Rekomended,enak berasa kaya naik city tour :D
      Iya saya suka dari kecil, karena sering diajak naik bis sama orang tua dulu hehe

      Hapus
  3. Kapan Bisa Naik bareng mbak😁,Saya Juga Suka Bis dri kecil😁

    BalasHapus
  4. wah mantap ...mbak aplia wah kaya nya lain waktu bisa bareng mbak kita ... jalan jalan kekampung halaman .rumah jakarta dan kampung halaman kita dekat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh yaa? dimana letak kampung halamannya mas? :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. Terimakasih sdh mampir di blog sy 🙏

      Hapus
  6. Sy sekitar mei tahun lalu naik DD01 Alhamdulillah lancar banget, jam 5 udah masuk Depsos. Pas di Raos ECO sekota jam setengah 2 juga berhenti cukup lama.
    Saking lancarnya, jam setengah 4 pagi udah turun di depan terminal Tirtonadi.

    BalasHapus
  7. Aku bacanya sambil terpana, bayangin dan terharu saking senengnya, seolah kebawa dlm cerita tersebut.

    BalasHapus
  8. Ada rasa mual mual ga sih mba waktu duduk di cabin atas? Soalnya kebayang bisnya tinggi gitu, biasanya goyangannya berasa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mudik ke Wonogiri with "Semut Merah" Agra Mas BM 033

Helooo teman blogger.. lama juga nih udah gak posting caper lagi udah basi kali yaa hehe.. Kali ini Saya mau cerita pengalaman pas mudik dadakan naik bis waktu bulan September 2014. Kenapa lagi lagi naik bis? gak mau coba sepur atau apalah gitu? Jawabannya ya karna saya suka naik bis hehe.. Waktu itu agak galau juga sih mau milih naik bis yang mana. Pengennya sih naik bis yang belum pernah dicoba sebelumnya, nyaman + kinyis-kinyis dan yang penting dapet hotseat :D ckckck. Lama mikir sampe berminggu-minggu (halah lebay) akhirnya perhatianku tertuju padaa Agra Mas Bus Malamnya. Langsung aja minta pesenin tiket sama temen yang ternyata dia kenal sama agennya. Mujur bener langsung deh minta tag in Hotseat 1CD. Kebetulan onboard bareng Ibu, yaudah seneng banget deh tuh dapet seat depan hihihi. Pas udah waktunya, kami berangkat ditanggal 24 September 2014 tepat pukul 11.00 start agen Depok yang deket Pasar Agung. Udah kelihatan ternyata kita dapet armada All New Legacy Sky racikan

Ada Cerita di Po. Haryanto HR 137 "Voyager"

Haiii temaan blogger :) kali ini aku mau share tentang pengalamanku lagi lagi naik bis lagi niih. Jadi gini loh ceritanya, dipertengahan bulan September 2015 pas banget adekku namanya Tyo. Dia pas banget lagi libur sekolahnya sekitar 3 harian. Yaudah tuh di "kobongin" sama mamake lan bapake buat mudik ke Wonogokil eeh Wonogiri buat nengokin mbah akung sm saudara yang ada disana. Naaah, pas banget ada promo naik KAI harga 70.000 ke semua jurusan. Makin gencarlah ortu buat "nyurung" tyo biar mau mudik yang notabene nya dia males klo pergi jauh karena takut mabuk perjalanan ckck. ~ Ortu says "enak loh klo naik kereta, ga usah takut macet n mabuk dijalan". Hmm pikirku tyo sama aja mau naik apa aja yang jauh pasti males.  ~ Tyo ngasih respon balik "Aku gak mau ahh kalo naik kereta, ga enak tau-tau udah sampe aja... ga ada yang bisa diliat pemandangannya. Mending naik bis enak, bisa ngeliat pemandangan plus bonus liat balapan". H