Langsung ke konten utama

Ada Cerita di Po. Haryanto HR 137 "Voyager"

Haiii temaan blogger :) kali ini aku mau share tentang pengalamanku lagi lagi naik bis lagi niih. Jadi gini loh ceritanya, dipertengahan bulan September 2015 pas banget adekku namanya Tyo. Dia pas banget lagi libur sekolahnya sekitar 3 harian. Yaudah tuh di "kobongin" sama mamake lan bapake buat mudik ke Wonogokil eeh Wonogiri buat nengokin mbah akung sm saudara yang ada disana. Naaah, pas banget ada promo naik KAI harga 70.000 ke semua jurusan. Makin gencarlah ortu buat "nyurung" tyo biar mau mudik yang notabene nya dia males klo pergi jauh karena takut mabuk perjalanan ckck.

~ Ortu says "enak loh klo naik kereta, ga usah takut macet n mabuk dijalan". Hmm pikirku tyo sama aja mau naik apa aja yang jauh pasti males. 
~ Tyo ngasih respon balik "Aku gak mau ahh kalo naik kereta, ga enak tau-tau udah sampe aja... ga ada yang bisa diliat pemandangannya. Mending naik bis enak, bisa ngeliat pemandangan plus bonus liat balapan".

Hadeeehh nih anak maunya apaan sii, dikasih kereta yang enak langsung nyampe gak mau, eeehhhh... malah ngasih syarat sendiri.
~Tyo says "aku mau ke Wonogiri kalo naik bis, tapi jangan bis yang reot.. pokoknya naik bis yang ada tulisan AIR SUSPENSION-nya !!".

Eitttdah, nih anak bisa tau-tauan AIR SUSPENSION ckck.. padahal mah gak ngerti banget apa itu AIR SUSPENSION wkwk :v Dia itu bukan penggemar bis, ataupun suka naik bis, atau apalah yang berhubungan dengan bis. Mungkin dia udah denger pembicaraan aku kalo bis yang bla bla blaaa itu enak dan bla bla blaaaaa... Jadi mungkin dia sedikit tau tentang AIR SUSPENSION itu.

Yaap dan ortu udah mendengar semua keinginan dan keluh kesah si tyo. Akhirnya, mereka merestui tyo untuk naik bis aja. Aku disuruh ikut nemenin dia ke Wonogiri hmmm dengan senang hatiiii :D Kelar sidang tugas akhir dan udah pengumuman kelulusan kupikir ini adalah refresh dari semua keluh kesah selama kurang lebih 6 bulan perang sama kertas , revisian dan laptop *yihiiiiiiii....

Dan bingungnya itu menentukan pilihan *aiiisssh mau naik armada bis apa buat ke Wonogiri yang langsung ke daerah mbah di Pracimantoro. Hmmm sempet dibingungin juga sih, aku ga mau naik yang "oper-operan" kalo udah naik bis kayanya ribet  gitu dioper sana sini. Kemaren-kemaren naik yang langsung Praci itu ada si Nano-Nano Lebak Bulus - Pracimantoro - Baturetno. Tapi sayang nya trayek yang acapkali disebut W5 itu udah dihapus dan ditiadakan hikkss :"(

Yaudahlah minta recommend teman, kebanyakan pada nyaranin naik si Semut Merah. Kupikir armada itu udah pernah tak jajal tahun lalu dan itu dioper diterminal Wonogiri terus berangkatnya "gasik" sampe Wonogiri tengah malem banget hmmm... Yaudah cari-cari informasi dan atas saran temen juga, kenapa engga jajal armada Pak Haji Haryanto yang baru masuk kota Gaplek ini kisaran bulan ramadhan lalu. Hmmm cari tau dan tanya info digrup facebook haryanto mania lalu banyak respon yang positif. Kalo armada yang ke Wonogiri itu ada yang langsung ke daerah mbahkung di Praci.

Langsung aja aku sama tyo beli tiket di Terminal Pinang Ranti yang lumayan deket dari rumah. Pertama pesen by phone dulu, sampe sana tinggal bayar xixixi. Waktu dulu seneng banget kalo naik bis itu duduk di kursi depan / kursi hotseat itudulu. Tapi sekarang, mungkin karna faktor umur gak kepengen banget kalo duduk di hotseat 1 A-B-C-D. Kepengennya di seat CD *eehsamaajayaa :v

- Waktu keberangkatan tanggal 21 September 2015

Kita penasaran dapet armada yang mana yaa.. kalau kata temen yang pernah jajal, nanti dapet armada HR 137. Jarum jam udah nunjukin pukul 13.15 kok belum dateng juga yaa bis nya tik tok tik tokkk gasabar udah on dan cape nunggu dari jam 12.00. Akhirnya armada yang kita tunggu sampe jugaa dan taraaa bener yang masuk Terminal Pinang Ranti itu HR dengan nomer kaca depan 137 dengan tempelan stiker besar bertuliskan VOYAGER. Langsung aja kita masukin barang-barang kebagasi dan ke dalem kabin. Oiiiaaa kita duduk diseat 3CD aku milih duduk dideket jendela karena biar bisa liat pemandangan dari kaca heheee. 

Dalem hati, gak mungkin jemput penumpang langsung jalan. Pasti diem dulu berberapa menit baru berangkat deh, yaudah aku ke toilet dulu ijin sama crewnya biar gak ditinggal xixixi dan tyo ngikut dari belakang. Udah dari toilet, terbesit dipikiran buat narsis dulu sama bis karya tangan Gunung Mas Karoseri yang terbilang masih "kinclong" ini. Cukup 3 kali jepretan hihi maklum cewe kalo cuma 1 jepretan ga afdol rasanya ckckck.

Dan crew udah nyuruh semua penumpang yang ada diluar bis buat naik karena bis udah mau berangkat. Yaudah kita naik ke kabin dan duduk manis di kursi hehe. Lepaas Terminal Pinang Ranti jam 13.50 langsung masuk tol hmm langsung gak lama disambut kemacetan -____- buka aplikasi Waze dan ternyata bener lumayan padet jalanan sampe exit tol bekasi barat hmmm. Aksi driver pinggir HR 137 ini lumayan berani buat "seset kiri" tapi jadi ngantuk lama-lama dijalan yang padet tapi gak macet ambil bahu.

Di dalem tol kita gak sendirian hehe yaiyalaah.. ada berberapa bis jurusan Wonogiri dan sekitarnya seperti Sindoro Satriamas, Laju Prima, Gajah Mungkur dll. Tapi ada yang bikin mata ini tertarik, yaitu bis ber-livery merah dengan bertuliskan Sindoro Satriamas. Gesit banget ambil kanan dan sesekali zig zaag waaaw cukup keren skill driver itu di tol yang terbilang cukup padat akan kendaraan. Terlihat ada stiker didepan kaca dengan tulisan PETERSON, mungkin itu julukannya.

HR 137 dengan driver pinggirnya yang cukup nyaman dengan zona nyamannya di lajur kiri entah namanya siapa. Dalam pengamatanku, driver ini cukup nyaman bawanya dan "kalem" gak grusak grusuk eeeh tapi gak tau deh kalo malem nanti gimana. Teruuuuus lewat tol dan ngelewatin SPBU KM 19 yg banyak adek-adek kecil hunting kalau weekend ehh yang gede juga ada sih. Karena baru pertama naik Haryanto, aku kira bakal masuk "nyolar" di KM 19 gak taunya engga hehe. Seinget ku naik si nano-nano yang selalu masuk SPBU KM 19 buat mimik solar.

Lepaas KM 19 teruuuusss lurus...... gak terasa tau-tau kita sein kiri masuk ke SPBU KM 57 buat isi amunisi solar. Di KM 57 kita jejeran sama si bis merah, bukan Sindoro tapi si Semut Merah a.k.a Agra Mas bus malamnya. Kelar nyolar, kita jalan lagi dan exit area KM 57. Menikmati panjangnya tol cikampek taau-tau udah exit dan sampe simpang jomin aja, biasalah disimpang selalu padet n maceet. Ya nikmati ajalah kemacetan ini.

Gak terasa udah sampe daerah Patok Beusi dan bis ini sein kiri masuk ke rumah makan yang ada tulisan di plang besar RM. Haryanto. Service makan di RM. Haryanto menurutku lumayan lah yaa, ada 2 pilihan mau makan prasman sama nasi dan lauk-lauk atau nasi soto. Kalo aku lebih milih yang seger aja sih, soto sama nasi :D . Eehhh si tyo udah ngeloyor aja baris prasman haha, dan pas ku liat banyak juga dia ngambil nasi, sama lauk ayam, sayur nangka sama apalagi tuh ditimpa-timpa wkwk.

Selesai makan, ada 3 bis yang udah jejer didepan rumah makan ada HR 131, HR 137 sama satu lagi lupaa. Masih ada waktu sebelum crew nyuruh penumpangnya naik ke kabin, seperti biasa dokumentasiin duluu ah foto pake background 2 bis yang terkenal "banter" nya ini :D heheheu




- Lepas Rumah Makan Haryanto PatokBeusi 16.10 WIB

Selepas rumah makan, ada bapak-bapak pedagang resmi dari Po. Haryanto katanya menawakan dodol. Niatnya sih gak mau beli, cuma dikasih tester dan ngeliat kayanya enak yaudah deh beliiii :v Hmm lumayan lama juga bapak-bapak itu jualan dikabin. Oiaaa habis dari rumah makan kita puter balik masuk ke GT Cipali. Jadi kepikiran gara-gara nonton berita, banyak yang laka karna rambu-rambunya kurang lengkap, karna human eror, karna ada babi yang nyebrang atau apalah jadi takut -___- Berdoa dan positif thinking aja pasti semua baik-baik aja kok *dalemhati.

Gak lama VOYAGER ini belok di persimpangan arah gerbang pintu masuk Cipali. Dan lumayan ramai volume kendaraan yang bakal masuk. Ada truck, mobil pribadi, bis juga ada. Kami ada di lajur kiri yang terluar yang akan belok kekanan dan pengen duluan. Eeeeeeeeehhh tiba-tiba ada truck bermuatan yang sama-sama mau belok juga !!! gak bakal muat doong... secara bis panjang, truck gede.. kalo mau belok barengan pasti KRES BODY laah -____-

Hmm saya gak tau, si driver tengah ini sebenernya mengetahui atau engga kalo ada truck dari sebelah kanan yang  mau belok juga atau gimana. Saya duduk di seat 3D berasa banget detik-detik body bis ini mau GASRUK sama spion truck itu. Spontan mulut ngomong "Eeeehhh gasrukk body!!!" padahal belum nyenggol. Yaa namanya juga spontan kaaaaan.. uhuuuuy *malah kaya komeng ckckck..

Hmm dan ternyata sang driver menyadari kalo body bisnya mau gasruk sama spion truck sebelah. Langsunglah sang driver ngerem mendadak ccceeeesssssdegggg. Penumpang spontan kagett semua. Emang gak sampe gasruk sih cuman deg degan aja kita nya. Keliatan wajah sang driver kesel gak dikasih jalan dan lumayan lama diem dijalan itu ngeliatin supir truck yang mau duluan juga. Kendaraan dibelakang kesel pada bunyiin klakson tiiiiiiiiiinnnnnnn nyuruh kita cepet jalan. Dan akhirnya kita masuk gerbang tol.

Gak sampe situ aja, sang driver nungguin truck itu dipersimpangan jalan tol yang kalau kita mau ambil kiri dan si truck itu mau lurus entah kemana. Sang driver kelihatan kesel dengan ulah sang pengendara truck. Disangkanya, truck itu duluan masuk gerbang tol cipali dan dia nungguin dipersimpangan. Sang driver VOYAGER marah dan bilang gini "ngopo kowe haah? spion mu tatu opo? tak ijol i kene piro satus rongatus?" tau gak artinya apa? hahaha :D

Udah marah-marah dan ternyata bukan truck itu yang bikin ulah !!!!! wkwkwk. Itu tuh temennya truck yang bikin ulah, yang lagi nungguin truck yang mau gasruk sama body VOYAGER hahaha udah sempet tegang, tapi malu juga dalem hati. Naaaah pas truck yang bikin ulah itu dateng dari belakang, seketikaaaa bis ini maju mundur cantiik eh mundurr kasarr gak cantik dan bikin seketika bocah umuran 5 tahun diseat 2B jerit nangis ketakutan ckck. Lalu sang kernet turun, untung sang kernet "kalem" dan driver truck beserta personilnya juga kalem gak nyolot gituu. Ini suasana nya.. penumpang pada kepo ngelongok kebawah -__-




Urusan truck kelar dan kita masuk ke cipali area. Emang bener-bener masih "polos" jalan tol ini. Rambu-rambu masih minim dan kurang lampu pas kami lewati. Jalanan yang konturnya alus dan lurus ini memanjakan setiap driver yang melewati jalan tol anyar ini buat "mancal" gas over. Terlihat angkatan Madura si "kotak sabun" body aluminium punya Pahala Kencana "ngacir" ditrek ini. Wiiih aku bengong, gesit dan keliatan enteng buat bermanuver zig-zag dijalan yang lumayan padat kendaraan saat itu.

Tak sawang seko mburi wae lah si nano-nano kui pfffttt. Iseng-iseng ku buka aplikasi Waze dari hapeku, mau liat sepanjang apa tol cipali ini. Hmm spedometer menunjukan speed 117 km/h waaa aku tak biasa naik bis banter-banterrrr :v hmm selama masih safety dan kurang dari 120 km/h masih bisa seloow nenangin diri deh xixi. Ngeliatin si Aluminium Body makin lama makin deket tapi tetep aja kita dibelakangnya. Dan 1,5 jam berkutat di Cipali, akhirnya kita exit juga, tau-tau udah Cirebon aja.

Menurut saya, driver tengah ini bawanya lumayan smooth dan berani zig-zag sepanjang Brebes - Pekalongan. Udah berapa banyak bis Wonogirian yang udah di "asepin" sama dia. Pas kita sampai Brebes, eeeh ketemu lagi sama si PK Maduraan itu dan sekarang kita mau liat bokongnya lebih dekat :D




Pantura kali ini sedang bersahabat dengan kami, gimana engga jalanan seupiii dan kendaraan juga gak terlalu padat. Sang driver terus asik "mancal" gas nya, sambil mainin skill dalam bawain kendaraan yang panjang dan kotak ini (baca:bis) tak sawang dari seat 3D sambil dekep bantal dan selimutan hehe.

Makin kencang laju bis, makin dingin dan mulesss hmm -____- maklum ajalah armada baru, AC-nya masih ngeblong. Dijalan serasa monoton, karena dominasi sama truck. Iyalah wong armada Wonogirian dibelakang, kecuali armada yang berangkat rada pagian dari Jakarta. Mungkin mereka udah ngacir sampe Semarang xixii.

Aku ketiduran, dan kebangun karna kejedot aduhh... Sampe mana sih ini?? nge-overtake apaan sampe mental mentul ke kanan ke kiri gini? Gak taunya kita lagi ditrek jalan yang minim penerangan dan pinggirannya jurang :o yaitu Alas Roban hiiiiii.... Bentar lagi ada tanda-tanda masuk rumah makan nih, aku bangunin adekku biar prepare pake sepatunya karna bentar lagi kita bakal nyangkut di Rumah Makan.

- Jam 19.30 WIB kita masuk RM. Menara Kudus Gringsing
free service makan sekali loh yaa udah di RM. Haryanto Patok Beusi tadi sore. Kalau mau makan lagi di RM. Menara Kudus Gringsing ya beli pakai uang sendiriiiii :p

Sekitar jam 20.00 WIB armada kita cabut dari RM, dan mulai ngelanjutin perjalanan lagi. Si driver tengah udah bobo, sekarang balik lagi digantiin sama driver pinggirnya. Aku balik lagi duduk manis di seat, dekep bantal n selimutan. Entah kenapa gak tertarik buat "melototin" jalanan lagi karna emang mata udah berat. Aku tidur sebentar dan kebangun karna laju bis terhenti hmm gak taunya dia mau nyolar. Kita nyolar kedua di SPBU daerah Weleri. Ternyata kita sandingan *eh sebrangan sama si LA SAMBA.




Nyolar kelar, kita cuuuuss lanjutin perjalanan lagi. Bbbrrrrrrr uademe rek, padahal ini bis fullseat sampe ke CD tapi serasa enteng lan uadem. Akhirnya ku putuskan buat tidur ajalah buat ngilangin dingin. Gak sadarkan diri berberapa jam, bangun-bangun udah di trek Ungaran - Salatiga. Tyo bilang " ihh tadi tuh bis Armada Jaya Perkasa ada 3 dibalap semua sama bis kita!!"

Ternyata nih bocah gak tidur, tapi nonton jalanan ckck. Ku tengok jalan dari kaca depan, aaahh masih sepi. Kepantul dari kaca bulat yang mengarah ke driver, kalo driver pinggir ini sedang teleponan. Mungkin sedang mengabari keluarga yang sedang ada dirumah :)

Prediksi ku meleset jauh !! Aku fikir bakal sampe terminal Giri Adipura Wonogiri jam 4 pagian lahh yaa.. Gak taunya, jam 00.15 kita aja udah sampe Boyolali - Solo. Ini berarti bentar lagi bakal masuk Wonogiri Kota kisaran 1jam-an lagi. Langsung ku hubungi mbak sama pakde ngabari kalo aku udah masuk Tirtonadi. Tirtonadi - Wonogiri kota ditempuh kisaran 1,5 jam by bis "bumel" di siang hari. Kalo tengah malem pake AKAP ya bisa kurang dari 1 jam kira-kira udah sampe :D

Alhamdulillah kita touchdown dengan selamat di New Giri Adipura pukul 01.30 yeeeeaaa~




Oia VOYAGER lagi nunggu armada bakal operan penumpang Purwantoro nih. Sempetin dokumentasiin si VOYAGER pas lagi "glowing" di Giri Adipura aaah :D






-TAMAT-


For More Content Trip
Channel Youtube (Apriliani Aprilia)

Find Me On Social Media
Instagram (Apriliani.Apriliaa)
Facebook (Apriliani Aprilia)
Twitter (Apriliapriliani)

Komentar

  1. Naiss bgt ceritanya.jangan lupa kunjungi blog saya "buspacker.blogspot.com" banyak cerpen turing juga loh.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas Bayu mbek :) sudah di kunjungi kok blognya :D

      Hapus
  2. Cantik " hobi ngebis juga๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Efa Arifin hobi dari kecil :D

      Hapus
  3. Cantik " hobi ngebis juga๐Ÿ˜

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Terimakasih mas Kamil Lesmana atas reviewnya :)

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. assalamualaikum wr.wb mba:) saya baca ceritanya dari awal sampai akhir jadi ikut kebayang & merasakan ada didalam bus tersebut tpi lebih tepatnya jadi driver bus HR 137 tersebut hehe klo boleh tau mba penggemar bus juga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, greget ya mas kalo dibayangin :D iya saya suka naik bis & ngeliatin bis :D

      Hapus
  7. Mantap Yah mbak,Ini Tanggal 28 des 2017 Mo Ke Purwantoro,Tadinya Mau Naik Haryanto Yang Ke Purwantoro,Tapi Karena sendiri+ Masih Smp Jadi Gak berani,Beraninya Sama Driver and Kernet Yang Udah Knal,Yang Bisnya Laju Prima๐Ÿ˜,,Btw Kapan Ke Tirtonadi lagi mbak๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantep juga Laju Prima tuh dek. Mungkin tahun depan ada rencana naik Double Deck Agra / Jajal Sudiro :D

      Hapus
  8. Mantep mba reviewnya.. jadi inget naik HR 103 dewa ruci yang suooss banget :v apalagi nasi goreng di RM menara kudus ngangenin banget wkwk :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya kebanyakan armada pak haji sossss semua ya ๐Ÿ˜ btw terimakasih sdh mampir diblog sy

      Hapus
  9. Mantap ceritanya. Jangan lupa mampir ke blog saya hailogue.com yaaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mudik ke Wonogiri with "Semut Merah" Agra Mas BM 033

Helooo teman blogger.. lama juga nih udah gak posting caper lagi udah basi kali yaa hehe.. Kali ini Saya mau cerita pengalaman pas mudik dadakan naik bis waktu bulan September 2014. Kenapa lagi lagi naik bis? gak mau coba sepur atau apalah gitu? Jawabannya ya karna saya suka naik bis hehe.. Waktu itu agak galau juga sih mau milih naik bis yang mana. Pengennya sih naik bis yang belum pernah dicoba sebelumnya, nyaman + kinyis-kinyis dan yang penting dapet hotseat :D ckckck. Lama mikir sampe berminggu-minggu (halah lebay) akhirnya perhatianku tertuju padaa Agra Mas Bus Malamnya. Langsung aja minta pesenin tiket sama temen yang ternyata dia kenal sama agennya. Mujur bener langsung deh minta tag in Hotseat 1CD. Kebetulan onboard bareng Ibu, yaudah seneng banget deh tuh dapet seat depan hihihi. Pas udah waktunya, kami berangkat ditanggal 24 September 2014 tepat pukul 11.00 start agen Depok yang deket Pasar Agung. Udah kelihatan ternyata kita dapet armada All New Legacy Sky racikan

Menikmati Perjalanan dengan si ''Bongsor'' Double Decker Po. Putera Mulya

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Hai teman bloggers!! Udah lama juga nih gak posting trip report. Hmm ada kali ya hampir 2 tahun lamanya gak berkecimpung di blog, memang karena sibuk kerja (waktu limit) buat turing naik bis yang jauh hehe. Sempet sih di penghujung tahun 2016 jalan pakai Sky Liner -nya Red White Star cuma buat wisata ke Lembang. Tapi tetep aja gak berasa kalau naik bis dengan jarak cuma kurang dari 300 KM, kurang greget gimana gitu ckck :D Eiiiittsssss kali ini saya bukan mau bikin trip report si Sky Liner itu loh. Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya pulang kampung naik bis (lagi-lagi pulkam hehe) jajal SCANIA K 410 iB Putera Mulya si bongsor yang lagi nge-HITS karena that’s a first double decker bus with engine Scania in Java!!! ๐Ÿ˜ƒ . Waaaaaahh bis AKAP pertama yang memakai mesin Scania dengan body "tumpuk" di pulau Jawa nih (kereeeen yaa). Line perdana memang dibuka pada bulan Desember 2016 lalu. Tapi saya baru jajal si D